Bekerja di Prancis

Beberapa bulan lalu, saya pernah diwawancarai suatu majalah untuk topik peluang karier WNI di negara-negara favorit. Di bawah ini salinan jawaban saya, yang tentunya sudah diedit untuk versi majalah. Siapa tahu ada yang perlu, semoga berguna :).

Menurut saya, profesi yang relatif lebih terbuka untuk warga pendatang umumnya adalah pekerjaan yang membutuhkan bahasa asing kedua, terutama Bahasa Inggris. Lebih spesifik lagi, pekerjaan seputar urusan administratif atau kesekretarisan. Mengapa di bidang administratif ? Karena menurut saya, orang Indonesia yang sudah menguasai Bahasa Prancis paling tidak pasti telah mengetahui pekerjaan administratif dasar, seperti korespondensi dalam Bahasa Prancis atau membuat risalah dalam Bahasa Prancis. O ya, kemampuan berbahasa Prancis minimal di tingkat menengah WAJIB hukumnya sebagai modal kita memasuki pasar kerja di Prancis. Kalau ditambah dengan penguasaan bahasa asing tambahan tentunya akan menambah peluang kita. Tapi yang pertama dan terutama tetaplah kemampuan bahasa Prancis.

Sejak tahun 2007, saya bekerja sebagai Research Analyst for Financial Market. Tugas saya adalah mengumpulkan dan menganalisis data finansial dan mengintegrasikannya di data base yang produk akhinya diperuntukkan bagi para manajer investasi, bankir, atau lembaga riset finansial. Saya mendapatkan pekerjaan ini setelah terdaftar di ANPE (Agence Nationale de l’Emploi), yang sekarang berganti nama menjadi Pôle Emploi (PE). PE adalah lembaga pemerintah di bawah Kementerian Ekonomi, Industri, dan Tenaga Kerja yang berfungsi memfasilitasi para pencari kerja. Mereka yang sedang dalam status pencari kerja disarankan untuk mendaftarkan diri ke lembaga ini. Setelah terdaftar, kita akan diwawancarai oleh konselor PE mengenai latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja kita, jenis pekerjaan yang kita minati, serta pelatihan apa yang kita butuhkan untuk mendapatkan pekerjaan termaksud. PE memang menyelenggarakan berbagai pelatihan/kursus singkat, mulai dari pelatihan dasar cara menyusun CV atau surat lamaran yang efektif, pelatihan mengenai software perkantoran (Word, Excel, Power Point), kursus bahasa Inggris, sampai yang spesifik seperti pelatihan di bidang mekanik misalnya. Berbagai pelatihan ini ada yang diadakan langsung di dan oleh PE, ada yang diselenggarakan melalui kerja sama dengan lembaga pelatihan swasta. Para pencari kerja yang terdaftar di PE diharuskan melaporkan situasinya setiap bulan, apakah sudah berhasil mendapatkan pekerjaan atau belum. Kalau masih belum mendapat pekerjaan, setiap 6 bulan akan ada interview lagi dengan konselor yang menangani kita.

Saya mendapatkan lowongan pekerjaan saya sekarang di website PE (PE sebagai fasilitator para pencari kerja tentu juga menyediakan berbagai lowongan pekerjaan yang bisa diakses gratis oleh para anggota di website-nya. Kita bisa langsung mengajukan lamaran melalui website tersebut). Proses rekrutmennya berlangsung cukup singkat. Saya mengajukan lamaran hari Selasa, hari Rabunya saya langsung dihubungi oleh direktur perusahaan tempat saya melamar. Saya datang untuk wawancara pertama hari Kamis. Tahap pertama, wawancara dalam Bahasa Prancis. Tahap kedua, tes yang bertujuan untuk melihat kemampuan saya melakukan pembicaraan ringan dalam Bahasa Inggris, « disamarkan » dengan acara makan siang dengan pewawancara yang berbeda dengan tim di wawancara pertama. Setelah itu, saya diberikan suatu dokumen finansial dan diminta untuk menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan dokumen tersebut. Hari Jumat, direktur mengabari saya via e-mail bahwa hasil wawancara pertama sangat positif dan meminta saya untuk datang kembali hari Selasa di minggu sesudahnya. Wawancara tahap kedua tersebut sebenarnya bukan lagi berupa tes seperti di tahap pertama ; saya hanya diberikan presentasi kecil mengenai perusahaan dan gambaran pekerjaan saya jika kelak diterima. Tiga hari setelahnya, saya mendapatkan kabar via telepon bahwa saya diterima.

Mengenai tips melamar pekerjaan di Prancis, yang pertama dan terutama seperti yang saya tulis sebelumnya, WAJIB menguasai Bahasa Prancis. Tidak perlu sampai mahir dulu, minimal penguasaan kemampuan pemahaman lisan.

Beberapa tips lain :

• Jangan berhenti untuk belajar, belajar, dan belajar. Situasi pasar kerja di Prancis pastinya berbeda dengan Indonesia, jadi harus mau terus meng-upgrade diri sendiri dengan berbagai pelatihan untuk amunisi « bertarung » di pasar kerja Prancis.

• Terkait dengan poin di atas, sebaiknya daftarkan diri di Pôle Emploi. Perhatikan masukan dari para konselor dan aktif dalam sesi konsultasi dengan mereka. Jangan ragu untuk meminta berbagai pelatihan yang dirasa perlu untuk pekerjaan idaman kita (meskipun tidak ada jaminan bahwa permintaan kita pasti disetujui).

• Kadang perusahaan di Prancis agak « segan » mempertimbangkan lamaran kita kalau latar pendidikan dan pengalaman kerja kita didapatkan di luar Prancis. Jadi, terima saja kenyataan kalau kita harus menurunkan standar pekerjaan kita dan bahwa pengalaman kerja kita di Indonesia seakan tidak dihargai di Prancis. Anggap saja ini sebagai masa transisi dan adaptasi.

• Aktif mencari lowongan pekerjaan di berbagai media : koran, internet, website Pôle Emploi… Juga daftarkan diri di berbagai agen rekrutmen swasta seperti Manpower, Adecco, Synergie.

Untuk bisa bekerja di Prancis, diperlukan titre de séjour (KTP) khusus yang bisa diperoleh dengan menunjukkan kontrak kerja permanen (CDI/Contrat à Durée Indéterminée). Jadi punya kontrak kerja dulu, baru bisa mengajukan permohonan KTP. Namun demikian, jika punya KTP sebagai istri/suami WN Prancis, di KTP itu akan tercantum pernyataan bahwa KTP tersebut memungkinkan pemegangnya untuk bekerja di Prancis.

Beberapa website yang mungkin berguna:

POLE EMPLOI :http://www.pole-emploi.fr/accueil/

MANPOWER : http://www.manpower.fr/

ADECCO : http://www.adecco.fr/Pages/default.aspx

SYNERGIE : http://www.synergie.fr/index.php

Iklan

83 thoughts on “Bekerja di Prancis

  1. Wow,, kagum banget aku sama Rita. Seorang analyst – so pasti pintar.
    Thanks untuk infonya as sekarang aku tahu bagaimana situasi cari kerja di negara Eropa spt Perancis.
    Tapi emang benar yach Rit,,kita toe selalu dituntut untuk selalu belajar dan belajar. Kalau buat aku, as sainganku itu banyak. Khusunya untuk mereka yang baru lulus, masih fresh dan muda. Makanya yang spt aku (sudah tidak muda spt mereka) harus terus mengasah ilmu.

    • Aku dapat pekerjaan ini banyak faktor keberuntungannya, Mbak. Atau mungkin lebih tepat disebut keajaiban :). Selagi kita masih hidup, memang harus belajar terus ya… Kalo engga, ya bakal ketinggalan kereta :).

  2. waaah thanks sharingnya ya…noted !
    Btw tips yg 3 bnr banget tuh…pekerja indo ga dihargai dsana (prancis), pernah baca di novel chiklit..tapi gpp yah, yang penting pny pengalaman. Smoga sakses yaa 😉

  3. iya kenapa ya rata2 pengalaman dan sekolah di indo itu gak dihargai di luar negeri.

    gua pas nyari2 kerja disini (US) juga gitu. rasanya gak dianggep gitu pengalaman kerjanya. untungnya akhirnya dapet kerjaan walaupun ya tentu harus ‘turun level’… hehehe. gpp lah yang penting gak turun gaji ya gak? 😛

  4. Salam kenal, mbak Rita…

    Saat ini saya tinggal di Antony (Paris suburban). Kebetulan saat ini saya terdaftar di salah satu agen interim & terdaftar juga di Pôle Emploi Antony.
    Waktu pertama kali saya tunjukkin ijazah saya, waduh..cuma dilirik dan mereka bilang,kita gak butuh ijazah kamu karena bukan ijazah dari sini…whoaaaa…sakit ati :(( …
    Dari awal, saya nyadar, gak muluk2 cari kerjaan, yang penting bisa dapet kerja dan gaji mencukupi untuk sekedar jajan & belanja bulanan plus kirim2 buat ortu.

    Mbak Rita tinggal di mana? mungkin suatu hari bisa ketemuan, di koperasi KBRI misalnya 😀

    • Hai Shello, salam kenal juga. Iya memang begitulah situasi di sini, kalo sudah liat lulusan negara berkembang kayak kita gini pasti cenderung diremehin. Padahal mah, kalo mau diadu, gak kalah lho kita. Gak usah jauh-jauh, Inggris kita kayaknya sih jauh lebih oke dari orang Prancis ya kan kan? :D. Aku tinggal di banlieu parisienne juga. Ayuk ketemuan…, tapi kalo hari kerja agak susah, kapan-kapan janjian pas week-end aja yuk :).

  5. wah sharingnya sangat bermanfaat sekali mba rita,saya sangat berharap sekali bisa kerja diperancis dan setelah saya baca pengalaman mba diatas agak sedikit shock hehehehe maklum saya belom bisa bahasa perancis, hati dan pikiran saya ingin sekali kerja diluar negeri terutama diperancis,
    sekilas ttg saya mba,usia sy sekarang 29 tahun apa memungkinkan kalo setahun saya belajar bahasa perancis,artinya diusia saya yg ke 30 thn masih bisa keterima??,motivasi saya utk kerja diluar negeri selain utk mendapatkan gaji dlm jumlah besar (bila dirupiahkan)karena sy ingin menunjukkan kepada temen n keluarga bahwa saya juga bisa seperti mereka,temen saya skrg kerja dijerman,sodara saya diitalia tp semuanya tidak ada yg bs membantu saya mba

    mohon infonya kursus bahasa perancis yg bagus dimana yah??

  6. bonjour ! mbak rita mau tanya:
    1.mlle.rita bisa bantuin kita
    cari kerja disana ?
    2.kira-kira modal awalnya apa selain
    bisa bahasa perancis ?
    3.terus apa juga banyak orang
    indonesianya ?
    4.apa ada komunitas indo disana ?
    5.bak rita pake visa belajar ato bekerja
    ?

  7. Dear Mba Rita,

    Terima kasih untuk sharingnya tentang kondisi dan peluang kerja di Perancis. Saat ini saya sedang mempersiapkan untuk ikut Suami (WN Perancis) untuk pindah kenegaranya. Berhubung saat ini saya masih bekerja dan ingin sekali saat pindah kesana juga bisa bekerja dan cari pengalaman,
    – Bagaimana Prosedur untuk Apply Pekerjaan di sana sebagai “New Comer” yang hanya punya Long Sejour Visa ?

    Jika tidak keberatan, Apakah bisa minta Email accoutnya ?

    Ditunggu response baiknya Mba Rita….Trims…

  8. mba rita , infonya sangat membantu untuk saya .. saya ingin bertanya mba , karena saya ada rencana bekerja di perancis .
    kalo tadi saya lihat sertifikat kelulusan dari indonesia kurang di lihat , apakah sangat sulit mendapatkan pekerjaan dengan status kontrak disana ? status saya sih masi kuliah mba sekarang dengan jurusan komunikasi ,
    kira-kira mba ada saran gak , dengan jurusan saya disini .. bisa mendapatkan pekerjaan seperti apa disana ? walaupun saya tahu zaman sekarang pekerjaan ga pandang jurusan lagi =p

    and maaf , bole aku minta emailnya mba rita ?
    aku mau sharing lebih lanjut untuk bekerja disana ..
    kebetulan pacar saya warga negara disana , dan butuh info lebih lanjut tentang pekerjaan disana dan kebetulan aku nemu info ini ..

    mohon respondnya ya mba rita .. mercii 🙂

    • Halo Devi, maaf ya, baru sempat bales-bales komentar sekarang… Jungkir balik ngurusin bayi & kerja lumayan bikin keriting :). Insya Allah kita ngobrol via e-mail ya.

  9. Dear Rita,

    Salam kenal..hebat ya bisa krj di Perancis. Thanks tips-nya diatas.
    Selamat juga utk kelahiran new baby Edrick.

    Btw, saya mau ty, Kl ke Perancis nemenin suami sekolah apa ada kesempatan jg utk bekerja?mgk Rita bs sharing info ke saya, kl tdk keberatan tolong dibalas ke email saya.

    Terima kasih.

    • Halo Diana, salam kenal balik… Setahu saya, agak susah untuk bisa dapat izin kerja kalau statusnya pendamping. Kalaupun bisa, biasanya jam kerjanya dibatasi, maksimal hanya boleh sekian jam per bulan.

  10. Wah, Mba Rita hebat ya bisa kerja disana. Aku pengen bgt kuliah or kerja di Prancis. Prancis mimpi aku mba. Sukse ya mba. Semoga kita bisa ketemu disana. Amin

  11. hai mbak,saya panji,,salam kenal,sekarang saya kerja di haute vienne limoges,,,saya kerja di museum lukisan(untuk nyalurin hoby corat coret kanvas),bahasa perancis emang hrs di praktekan,pertama saya sampai disini gak tau sama sekali bhs prancis,tapi ala bisa karena biasa mba,mudah2an nanti bs ketemu….
    salam pani

  12. slm knal mb.rita..
    sy tu ada knalan yg ngajak krja p prancis ..hy pkerja kasar sih ,dia bilang di semacam cold store di FORT LOUIS MAURITIUS AVENUE DES VALMIERS VALLE DES PRETES . yg sy mo tnya mbk ..apkh mbk tahu tempat tsb? krna trus terang sy sdikit agak ragu juga.dan apkah dg gaji antara 5-6juta (klo di kurs rupiah) bisa memenuhi kbutuhan hidup di sana ..??? trima kasih banyak sblumnya. 😀

  13. Asalamualaikum mba rita…nice information….jemapel denny..hehe bisa nya cuma itu doank…sukses buat mba rita…saya mau tanya gimana caranya agar bisa berkerja disana..ceritain donk history mba rita bisa sampe kerja disana…oh ya mba minta alamat emailnya donk.,karna ada banyak sekali yang saya ingin tanyakan…makasi sebelumnya mba..

  14. Hi Ms. Rita,
    Salam kenal.

    Saya saat ini telah diterima di Universitas di Prancis, di University of Orleans, dgn jurusan language, business and management.
    Sy coba cari di google ttg kualitas Univ tsb, tp nihil. Apakah ada rekomendasi link utk mengetahui hal tsb? Atau mgkn Ms. Rita tau ttg Univ Orleans?

    Dan 1 hal lg, apakah sulit jk sy sudah lulus master dr program tsb, dan berniat mencari krja dsna?

    Oiya, boleh minta alamat emailnya?
    Thanks a lot.=)

  15. Hi Mba Rita,
    Salam kenal, nama saya Elizabeth.
    Saya bermaksud bertanya beberapa hal mengenai study dan bekerja di Prancis. Semoga berkenan menjawab. =)

    Saat ini saya sdh diterima di University of Orleans, di daerah Orleasn, untuk program Language, Business and European Management. Program ini berdurasi 2 tahun, tapi saya rasa sptnya bisa diambil untuk jangka waktu 1 tahun saja. Apakah Mba Rita pernah dgr tentang Univ ini? dan mungkin ada berita2 tentang kualitas, kehidupan, serta lulusan Univ ini?

    Apakah sulit jika saya telah lulus M1 atau M2 dengan jurusan tersebut, dan mencari kerja di Prancis sesuai dengan bidang itu?

    Bolehkah minta alamat emailnya?

    Thanks a lot. =)))

    Salam.

  16. saya ingun melamar juga.. saya bisa bahasa perancis mbk… saya ingin kerja di perancis. punya emil gak mbk?

  17. hello mba rita 🙂 saya tian, skarang sy bru masuk kuliah dn ambil jurusan pend.bhs perancis, kirakira dngan apa yg sy dapatkn nanti di unvrsitas dngn lpngn pkrjaan di prncis ada hbngan nya tidak?
    kirakira pkrjaan yg cocok apa ya?
    mohon di balas 🙂 terimakash .

    • Hai Tian, pastinya paling tidak kemampuan bahasa agak sangat berguna untuk bekal mencari pekerjaan di sini. Jenis pekerjaannya tergantung minat dan keahlian kamu tentunya.

  18. Bonjour mademoiselle….. Comment allez vous??? je suis très intéressé par votre expérience …. memang susah untuk mencari pekerjaan yg bner2 bonafit.. pastix memerlukan proses yg sgt panjang utk belajar. saat ney aku msie mencari pekerjaan, dan tentux pekerjaan di Indonesia ga selevel di perancis. Tolong dunk kk bantuin q utk mencari info loker…. Merci Beaucop.

  19. Bonjour mba rita,
    saya baru lulus dari jurusan pendidikan bahasa prancis dari universitas negeri jakarta. saya bisa g yaa kerja di prancis? 😀 tahap awal yang saya harus lakukan apa yaa mba? bingung.. 😦 merciiiii et bonne journee 🙂

    • Hai Novita, coba saja cari lowongan di Prancis dari Indonesia. Biasanya agak susah, kecuali untuk posisi tertentu yang memerlukan tenaga ahli yang benar-benar jarang ditemukan di Prancis.

  20. wah wah,,,,, aq kagum bgt baca nya,,,,,, khususnya sm mba rita,,,, bikin aq semangat,,,, jjur aq aj baru bisa buka internet mba ,,, cari2 low,,,, aq cuma lulusan smk dan aku dah g muda lagi,,, g muluk2 sih klo cari kerja untuk jadi pelayan restoran atau pengasuh baby susah g yah,,, dan butuh a
    pa aj yah,, dan kira2 biaya hidup sederhana dalam sbulan dsna brp ya mba,,,,, ( geges)

  21. waahh,,,kyanya asssik y mbak krja d perancis ..
    cita2 ku sbnr nya pngn bsa blajar dsana smbil cari uang ….
    tapi ,,aku cuma lulusan SMA ,, blum smpt kuliah .. skrg sdg bljar bhsa prncis,,krn aku png prgi ksna..
    klo cma dri Sma bisa krja ngga ya mbak dsana ??
    aku hrus jd tulng punggung kluarga skrg ..
    hhmmhh…

  22. Nice Blog =)

    Bonjour, Madam Rita.. Je m’appele Helen (sans e…hehhehe).
    Saya lagi collecting data about looking for a job in France and what to do to prepare for all the stuff.. and found your blog is very interesting.

    Je suis mariee and dapat long sejour visa di Perancis utk setahun. Saya diperbolehkan untuk bekerja sbnrnya. Misua sih encouraged buat coba gawe disini..cuma kok masih agak2 jiper yaa…
    Saya orangnya suka bekerja..meski ada title di Indo untuk pendidikan, tapi waktu baca2 di blog ini kalo ijazah di Indo gak kepake…yah memang sih gak bs berharap dapat kerjaan yang sesuai dengan dengan apa yang di dapat di Indo. (mesti nurunin derajat heheheh).
    Tapi gak masalah sih sbnrnya buat saya..yang penting dapet kerjaan halal dan cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.
    Saya stay di Alsace (jauh banget ya dari Paris).. dengan background pendidikan di bidang Pariwisata.

    Saya baru aja nyampe abis keliling France de sud sampe Bordeaux juga, karena misua kasian sama saya yang gak kuat sama dingin..jadi mgkn rencana mo move to these “more warmth” area..

    Boleh gak kalau saya tanya2 via e-mail ttg job searching and live in France?

  23. kaka,
    saya buka website yang disarankan itu, kenapa bahasanya perancis semua, terus ngga ada info kontak nya ??? 🙂

    • Halo, mau tanya-tanya apa? Kalau soal website yang semuanya Bahasa Prancis, kan sudah dijelaskan kalau mau kerja di Prancis, harus sudah bisa komunikasi dalam Bahasa Prancis, minimal tingkat basic :).

  24. Hallo kak … aku kelas XII nih,aku pengen banget masuk sastra prancis tapi kalo misal dapet sastra prancis ntar prospek kerjanya gmana ? soalnya di keluarga aku gak ada yang ngedukung,tapi aku pengen bgt belajar sastra Prancis. Merci..

    • Halo, prospek lulusan Sastra Prancis ada banyak mulai dari penerjemah, dosen, kerja di perusahaan/LSM Prancis, sampai diplomat. Bahasa itu alat, kalau kamu sudah menguasai alatnya, kamu bisa ke mana saja, bahkan bisa kerja di negaranya sendiri :).

  25. Buset hari begini kerja di Perancis ??? Negeri sejuta penganggur gitu…temen-temen gue aja doctorat, ingénieur dan master pada nganggur akhirnya pada menyerbu Asia. Gue juga pindah dari Perancis, bosen miskin disitu, udah gitu orangnya rasis:::

      • Setuju sama Mba Rita. Dimana pun, kita gak bisa menyalahkan keadaan.. tapi kita lah yang harus bersaing dan menyesuaikan dengan keadaan. Kalo di Perancis dibilang negeri sejuta penganggur, masih banyak tuh yang dateng ke Perancis buat stay.
        Awal2 memang saya jg menyangka orang Perancis itu rasis, tapi ternyata nggak juga tuh. Gak bisa dibilang segelelintir orang mewakili keseluruhan. Dimana pun, native people pasti akan lebih prefer apabila berinteraksi dengan native…not with foreigner. C’est normal…
        Oya Mba Rita, aku tanggal 26-29 March kemarin sempat ke Paris, maaafff banget aku lupa telp Mba Rita…=( sapa tau kan bs rendevous…hiks…

      • Hai Helen, apa kabar? Yah kok gak kabar-kabarin kalau ke Paris :). Kapan-kapan kalau mau ngobrol, telepon ke hp aja ya, masih nyimpan nomornya gak?

      • iya…saking banyaknya yang dipikirin jadi lupa deh =( masih ada no nya..yang 862 itu kan ya?

  26. Mbkk blog nya bikinn semangat ,, mbk ada yg mau saiya tanyakann, bisa gk ya, visa turiss di rubah jadi visa student , kalo sudah sampai sana 🙂 trimakasihh mbkk di tunggu jawaban nya

  27. mbak,,, wah wah,,, saya rencana ke perancis tahun depan maret 2014,,,, buat datengin pacar,, meet and great sama keluarganya pacar sebelum menikah,,,:)

    mbak,,, kalo wanita berjilbab peluang karirnya nggk ada ya?? meskipun saya akan lanjut s2 disana setelah menikah insyaallah,,,
    kalo untuk melamar pekerjaan, bagaimana?? ada website yang recomended nggak?? bisa di share dong mbak..:)
    kebetulan saya sudah level a2 untuk bahasa perancis,,

  28. Halo Mbak Rita dan semuanya,, maaf mengganggu.. Aku lagi bener-bener butuh info nih seputar stagiare di bidang pariwisata. Sebenarnya sudah masukin banyak lamaran sih cuma masih belum ada balasan. Beberapa masih ada penolakan. Seandainya ada kawan2 yang punya info stage mohon dishare ya.. Makasii Bangett.. Handi (handidewantara@gmail.com)

  29. Bonjour Mlle. Rita.. Je suis étudiante du Pedagogie du Français à l’UNNES. Je suis 8ème seméstre. Je voudrais travailler à Paris. Est-ce que vouz pouvez m’a donné votre email? Merci d’avance 🙂

  30. hallo mbk rita, salam kenal, saya tinggal di la roche bernard,saya baru dtg 2 hari yg lalu, saya kagum dgn pengalaman mbk,sungguh hebat, mbk rita tinggal dmn ya,barangkali bs ketemuan? oya mbk klw saya punya KTP perancis tapi bahasa kurang lancar apakah kira2 memungkinkan saya utk bekerja ya?? saya siap job apapun yg penting dpt kerja, krn saya maklum hanya dgn ijasah sma ngk mgkn yg muluk2, utk jawabanya tlg blz lewat email saya ” linda_krisdiana@yahoo.co.id merci

  31. Halo mbak rita.

    Je m’apelle Tama. Saya alhamdulillah keterima di ESCEM Poitiers. Sesudah lulus saya berencana utk melamar kerja di prancis. Boleh dong mbak minta nomor kontak yang bisa dihubungi. Siapa tau nanti di prancis bisa ngobrol2. Merci beaucoup.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s