Resolusi 2010: TIDAK menjadi multitasker

Sebenernya ya, sudah lama banget saya gak bikin-bikin lagi resolusi awal tahun. Toh, setiap hari pun saya sudah punya target-target kecil, kadang malah ada target mingguan juga. Jadi, biarkan mengalir saja, tapi mengalir menuju ke suatu titik tertentu, jadi gak asal mengalir begitu saja.

Anyway, awal tahun ini pun saya biarkan mengalir saja, sampai waktu saya baca artikel tentang kunci kebahagiaan di suatu majalah Prancis. “Don’t multitask”, itu kunci pertamanya. Lah, terus saya jadi merasa tertampar dong ya. Gimana enggak, saya bangga bisa (hampir) selalu jadi multitasker. Lagipula, perempuan itu memang cenderung punya bakat multitasker kok ya… Makan siang kilat disambi chatting disambi main Facebook disambi baca koran disambi gawe itu biasa gak sih :). Eh tapi ternyata, multitasking itu tidak disarankan karena bisa bersifat psikotoksik. Penyebabnya ya karena tingkat stress dan ketegangan kita cenderung meningkat kalau kita mengerjakan beberapa hal di saat bersamaan. Pikir-pikir, iya juga sih… Saya kadang begitu “bernafsu” pingin menyelesaikan berbagai macam hal secepat mungkin sehingga baru jam 11 siang, kepala saya sudah mulai berasap.

Jadi? Yah, tidak (atau minimal mengurangi) multitasking adalah resolusi saya tahun ini. Saya mau memperlambat ritme harian saya dengan mengerjakan segalanya satu demi satu. Eh tapi susah yaaaa awal-awalnya, saya selalu tergoda untuk loncat ke pekerjaan lain waktu sedang berkutat di suatu pekerjaan. Sudah mendarah daging rupanya kebiasaan multitasking-nya :). Ah, tapi bisa kok, pelan-pelan. Chaque chose a son temps! (segala sesuatu ada waktunya!). 🙂

Iklan

2 thoughts on “Resolusi 2010: TIDAK menjadi multitasker

  1. Hallo Rita,..

    Join the club! Aku juga dulu suka spt itu sok multitask apalagi di kantor. Ternyata hasilnya aku merasa capek banget dan stress berat.
    Cuman kadang masalahnya, pekerjaan menuntut kita untuk bisa multitask. Mau tidak mau kadang kita dituntut untuk bisa “sedikit multitask”.

    • Iya, betul sekali Mbak. Resolusi saya yang satu ini sejauh ini ga-tot…alias saya selalu gagal untuk monotasking di kantor maupun di rumah. Memang kadang tuntutan keadaan juga sih ya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s