Pensiun mau ngapain?

Hari gini udah mikirin pensiun? Pensiun kan masih lama? Hmmm kalo menurut saya, mumpung masih di usia aktif dan punya penghasilan, cepet-cepet deh mulai ancang-ancang untuk mikirin mau ngapain pensiun nanti, tepatnya gimana caranya bertahan saat kita sudah tidak lagi bergaji. Mau tinggal di mana, misalnya. Dari sekarang saya sudah mikir, sepertinya saya gak keberatan tinggal di panti wreda (mau nyebut panti jompo kok rasanya gimana gitu ya…). Kebetulan di dekat kantor saya ada panti wreda, dan setiap kali lewat di depannya saya sering membayangkan diri saya nanti sekian puluh tahun yang akan datang di tempat itu hehe… Saya mikirnya yang praktis aja, panti wreda biasanya dilengkap juga dengan fasilitas medis, jadi kalo ada masalah kesehatan bisa langsung ditangani. Lagipula, saya gak mau tuh, merepotkan anak cucu saya kelak.

Terus gimana dong caranya supaya bisa tinggal di panti seperti itu, yang pastinya gak gratis? Saya mulai menyisihkan sedikit dari penghasilan untuk dana pensiun setiap bulan, gak usah banyak-banyak, pokoknya asal rutin aja dulu. Kalo sudah disiplin, boleh deh mulai menaikkan setoran rutin untuk dana pensiun ini. Yang penting, dana ini gak boleh diganggu gugat. Makanya saya buat rekening khusus untuk ini, jadi jelas pengaturannya. Dicek-cek boleh, tapi saya anggap dana ini seolah-olah “hilang” aja sementara, jadi gak tergoda narik dari rekening ini untuk blanja-blanji.

Baru-baru ini saya sempat berniat mengurangi setoran rutin dana pensiun ini karena merasa kayanya kok pengeluaran akhir-akhir ini makin banyak aja. Tapi akhirnya saya mikir, kalo mau mengurangi pengeluaran, ya harus dipangkas dari kebutuhan yang gak pokok, atau kalo mau lebih jelas lagi, harus ngurangin belanja impulsif! Bukan dengan cara memangkas dana pensiun. Lagipula, dengan memperhitungkan inflasi, nilai uang 30 tahun lagi pastinya sudah makin turun kan. Kalo saya mau hidup dengan standar hidup seperti sekarang, atau paling engga, 80% dari standar sekarang, ya harus mulai disiplin menyisihkan dana pensiun. Gak ada nanti-nanti, tapi sekarang juga. Mumpung masih bisa.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s