Gegar budaya?

Bulan-bulan pertama kerja di Prancis, saya sempat terkaget-kaget sedikit sama budaya perusahaan di sini yang di beberapa hal beda banget sama di Indonesia. Apalagi pekerjaan saya yang dulu gak jauh-jauh dari yang namanya birokrasi dan budaya unggah-ungguh. Kalo mau usul sesuatu pun kadang harus bertingkat-tingkat, gak bisa langsung ke atasan yang ada di rantai birokrasi paling atas.

Di sini? Saya awalnya agak rikuh untuk manggil manajer, bahkan bosnya bos bos bos (berapa tingkat tuh ya?) dari Amrik dengan nama depannya aja, gak pake Ibu/Bapak sebelumnya. Ngobrol pun sudah gak pake kata ganti vous/Anda lagi, tapi langsung pake tu/kamu. Kebayang kali ngomong “kamu” ke atasan di Indonesia? Bisa langsung diberhentikan dengan tidak hormat haha… Tapi yaaa, balik-balik lagi ke masalah budaya sih ya, lama-lama saya nyaman aja berkamu ria ke atasan. Termasuk gak kaget lagi waktu liat temen kerja saya masuk-masuk ruang manajer waktu beliau lagi gak ada di tempat. Lah di Indonesia, ruangan bos itu kan sakral ya, ini mah asik-asik aja kluar masuk dengan tanpa dosa. 😀

Masalah komunikasi juga, di Indonesia saya terbiasa dengan “bahasa birokratis” dalam tulisan atopun lisan. Mau jelasin tentang sesuatu biasanya muter-muter dulu, sebelum ke pokok tujuan, dengan bahasa yang berbunga-bunga pula. Di sini? Langsung jebrat-jebret ke masalah, gak ada basa-basinya. Well, bagus juga sih, kayanya saya memang lebih cocok dengan model komunikasi begitu. Sekat antara atasan dan bawahan lebih cair, walau bukan berarti gak ada sama sekali. Yang pasti, saya belajar banyak dengan bekerja di perusahaan dengan atmosfir internasional seperti ini, lebih bisa mengeluarkan pendapat dengan bebas, termasuk kasih masukan juga buat atasan tanpa takut keliatan “kurang ajar”. 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s