Iri bisa positif?

Baru sadar, ternyata saya memang “ngirian”, tapi tanpa disadari sifat yang biasanya negatif ini justru bisa berarti positif buat saya. Iri yang saya maksud di sini bukan menjurus ke dengki ya, juga bukan iri model “eh tetangga baru beli kulkas 2 pintu, ntar saya juga beli kulkas 3 pintu ah” hehe… Engga…sama sekali bukan iri yang seperti itu… Waktu SMA, contohnya, saya “iri” sama teman sekelas saya, ih kok dia bisa ranking satu, kenapa saya engga? Waktu kuliah, saya “iri”, eh pelafalan Bahasa Prancis dia kok bagus banget sih, kenapa saya engga? Waktu “putus asa” gara2 skripsi, saya “iri” sama teman seangkatan saya, eh kok dia bisa tuh sukses menyelesaikan skripsinya, kenapa saya engga? Ngiri yang kayak gini nih yang justru memicu saya untuk bisa mengembangkan diri ke arah yang lebih baik *halahhh bahasanya*.

Baru-baru ini, saya dibikin iri lagi oleh pencapaian sekelompok tim di tempat kerja saya. Para anggota tim yang berasal dari suatu negara Asia ini malah sempat merayakan pencapaian ini secara kecil-kecilan. Yah, sebagai rekan kerja yang baik, saya pun mengucapkan selamat kepada salah satu anggota tim tersebut. Ybs mengucapkan terima kasih dan menambahkan, “OK kita tunggu lho pencapaian yang berikutnya dari kamu…”, sambil tersenyum manis… Ya ya ya, saya tahu, maksudnya baik, dia tidak sedang menantang saya atau bagaimana, tapi…kok saya merasa “tertonjok” ya mendengarnya? Hemmmm…penyakit “iri” saya kumat lagi rupanya… Kalau mereka bisa mencapai hasil itu, kenapa saya engga? Hmm, saya tidak ditantang memang, tapi saya tertantang untuk membuktikan bahwa saya juga bisa!

Ya ya, si iri ini datang pada saat yang tepat. Saat saya mulai merasa terlalu nyaman dengan apa yang saya lakukan, saya mulai sedikit jenuh. Nah si iri inilah yang lantas membakar semangat saya lagi. Saya jadi terpacu untuk menjadi yang lebih, lebih, dan jauh lebih baik lagi!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s